Aplikasi Jadwal Bus untuk Melihat Rute dan Jam Keberangkatan

Posted on

Kehadiran aplikasi jadwal bus memberikan kemudahan bagi para penumpang dalam mendapatkan informasi mengenai jadwal hingga rute bus. Bus merupakan moda transportasi yang cukup sering digunakan oleh masyarakat luas.

Ini karena bus adalah pilihan transportasi umum yang terjangkau dan menjangkau hampir semua daerah yang tidak dapat dijangkau oleh kereta api maupun pesawat. Saat ini, banyak perusahaan otomotif yang memprioritaskan kenyamanan penumpang.

Dahulu mungkin bus umum dipandang sebelah mata oleh sebagian orang karena kenyamanannya yang dirasa kurang. Namun saat ini bus menjadi salah satu pilihan yang banyak dipertimbangkan karena kualitas pelayanan jauh lebih baik.

Aplikasi Jadwal Bus yang Bisa Anda Gunakan

Bagi Anda yang ingin bepergian ke luar kota dengan bus, ada baiknya memastikan terlebih dahulu jadwal keberangkatan bus demi kenyamanan perjalanan. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melihat jadwal bus beserta rutenya.

  1. Moovit

Moovit adalah salah satu aplikasi terdepan yang memberikan informasi terkait transportasi umum mencakup bus dan kereta api. Dengan menggunakan Moovit, Anda dapat mengetahui informasi jadwal bus secara lengkap dan detail.

Informasi tersebut diantaranya meliputi informasi rute, lokasi pemberhentian, serta jadwal keberangkatan bus. Dengan begitu, Anda tidak akan kebingungan meskipun bepergian sendirian ke kota yang belum pernah didatangi sebelumnya.

Moovit bukan hanya aplikasi jadwal bus, melainkan juga menyediakan informasi seputar transportasi kereta api. Di samping itu, Moovit tidak hanya ditujukan bagi pengguna kendaraan umum saja.

Namun juga bermanfaat bagi mereka yang bepergian menggunakan kendaraan pribadi. Dengan Moovit, pengendara kendaraan pribadi dapat mengetahui rute terbaik yang mengarah ke titik tujuan secara lancar.

Dengan begitu, pengendaran dapat sampai ke lokasi tujuannya dengan efisiensi waktu yang optimal serta terhindar dari kemacetan.

Aplikasi Moovit bukan hanya digunakan di Indonesia saja. Namun juga menjadi salah satu aplikasi pilihan di berbagai negara lainnya. Misalnya Inggris, India, Singapura, dan lain sebagianya.

  1. DAMRI Apps

Aplikasi jadwal bus berikutnya adalah DAMRI Apps. Sesuai namanya, aplikasi ini menyediakan informasi jadwal keberangkatan, rute, pemberhentian, hingga pemesanan tiket bus DAMRI. Aplikasi DAMRI Apps memiliki interface simple yang mudah digunakan.

Di aplikasi ini terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan untuk memesan tiket bus berdasarkan jadwal dan rute perjalanan yang diinginkan. Anda dapat memesan tiket bus bandara maupun bus antar kota.

Kemudian, Anda juga dapat memilih tempat duduk dengan lokasi dan jumlah yang bisa disesuaikan. Aplikasi ini juga menyediakan beberapa metode pembayaran, diantaranya melalui OVO, ShopeePay, hingga transfer bank.

Banyaknya metode pembayaran yang tersedia tentu sangat memudahkan penumpang. Terlebih karena pembayaran bisa dilakukan secara online. Jadi, Anda tidak perlu keluar rumah untuk memesan tiket bus DAMRI sebelum berangkat ke lokasi tujuan.

  1. Tije

Tije merupakan aplikasi jadwal bus yang diperuntukkan bagi pengguna layanan Transjakarta. Ini adalah platform digital dengan tampilan simple namun menyediakan fitur-fitur handal untuk memudahkan Anda dalam merencanakan perjalanan menggunakan Transjakarta.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh pengguna aplikasi Tije antara lain:

  • Melakukan pembelian tiket QR kapan saja dan di mana saja secara online menggunakan e-wallet di smartphone
  • Teknologi tanpa sentuh, penumpang dapat naik Transjakarta secara mudah dan nyaman dengan memindai tiket QR di halte Transjakarta
  • Fitur transfer yang memungkinkan pengguna membagikan tiket QR secara praktis dan mudah
  • Fitur di aplikasi jadwal bus ini memungkinkan pengguna mengetahui posisi bus serta waktu tunggu secara real time pada saat menunggu di halte keberangkatan
  • Fitur smart notification yang bisa menampilkan tiket QR pada saat membuka smartphone di lokasi halte keberangkatan maupun tujuan/kedatangan.

Bagi orang yang tidak terbiasa naik Transjakarta tentu akan merasa kebingungan. Banyaknya armada dengan rute beragam serta shelter yang juga begitu banyak mungkin membuat sebagian orang bingung.

Jadi, dengan aplikasi ini Anda dapat mengetahui informasi keberangkatan atau kedatangan bus secara singkat, cepat, mudah, dan praktis. Sehingga, tidak perlu lagi terjebak kebingungan saat akan naik ke maupun turun dari Transjakarta.

  1. Si Anteng

Si Anteng merupakan aplikasi jadwal bus yang diperuntukkan bagi pengguna atau penumpang Bus Rapid Trans (BRT) Trans Jateng. Si Anteng sendiri merupakan singkatan untuk Sistem Informasi Pelayanan Trans Jateng.

Setiap hari terdapat ratusan atau bahkan ribuan penumpang yang menggunakan Trans Jateng sebagai moda transportasi untuk pergi ke tempat kerja maupun kembali ke rumahnya.

Sehingga Trans Jateng menjadi angkutan umum yang banyak digunakan oleh masyarakat Jawa Tengah. Melalui aplikasi Si Anteng, penumpang dapat mengetahui informasi terkait jadwal kedatangan bus, rute koridor, shelter (pemberhentian sementara), dan lainnya.

  1. TransJatim – Ajaib

Ini merupakan aplikasi jadwal bus yang sangat bermanfaat bagi penumpang Trans Jatim. Aplikasi ini menyediakan berbagai informasi terkait Trans Jatim. Yakni meliputi informasi tentang:

  • Bus Trans Jatim yang lokasinya sudah berada di dekat pengguna
  • Informasi rute tiap-tiap jalur beserta informasi bus yang sedang beroperasi
  • AR shelter yang menunjukkan shelter (pemberhentian sementara) yang lokasinya terdekat dengan pengguna
  • Panduan untuk naik maupun turun di shelter yang diinginkan pengguna. Panduan ini sangat bermanfaat khususnya bagi mereka yang belum pernah naik Trans Jatim sebelumnya.
  • Pembelian tiket Trans Jatim.

Peluncuran aplikasi TransJatim – Ajaib mampu memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi penumpang dalam mendapatkan informasi sesuai kebutuhannya. Ini tentu dapat membuat perjalanan lebih nyaman, tenang, dan aman.

  1. TemanBus

Teman Bus merupakan aplikasi jadwal bus yang diluncurkan oleh Direktorat Angutan Jalan Kemenhub. Aplikasi Teman Bus merupakan platform bagi pengguna angkutan umum di sejumlah kota besar di Indonesia.

Mulai dari Solo, Bali, Medan, Yogyakarta, hingga Palembang. Teman Bus menyediakan banyak armada bus dengan bermacam-macam rute perjalanan yang bisa dipilih oleh penumpang. Adapun fitur-fitur di aplikasi Teman Bus antara lain:

  • Fitur “Mau Kemana Hari Ini” membantu penumpang menemukan lokasi tujuan perjalanan. Kemudian aplikasi akan mengarahkan pengguna ke halte terdekat.
  • Informasi jadwal keberangkatan dan kedatangan serta informasi daftar rute maupun halte.
  • Fitur “Peta Jaringan” yang menampilkan peta keseluruhan rute Teman Bus di tiap kota.
  • Fitur “Bantuan” yang memungkinkan pengguna aplikasi jadwal bus ini untuk menyampaikan kritik, saran, pertanyaan, maupun kendala yang dialami. Dengan fitur ini, pengguna akan diarahkan kepada Call Center yang akan membantu.
  • Fitur “Berita” yang menyajikan beragam berita terbaru terkait Teman Bus.
  • Menampilkan riwayat perjalanan yang telah dilakukan dengan menggunakan aplikasi Teman Bus.

Beberapa Tips Bepergian dengan Bus

Melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi umum tentu tidak sama jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Nyatanya, tiap-tiap transportasi publik memiliki ciri masing-masing sehingga persiapan yang perlu dilakukan juga berlainan.

Jadi, jika menginginkan pengalaman bepergian yang nyaman dan aman menggunakan angkutan umum berupa bus, pertimbangkan beberapa tips berikut.

  1. Pilih Jenis Bus yang Sesuai Selera

Selain mengecek detail informasi keberangkatan yang dapat Anda ketahui lewat aplikasi jadwal bus, pilihlah jenis bus yang sesuai berdasarkan keinginan Anda. Kini ada bermacam-macam bus mulai dari bus ekonomi, executive, bahkan bus mewah.

Bus penumpang mewah biasanya dilengkapi fasilitas yang sangat memuaskan. Misalnya sleeper bus yang memungkinkan penumpang menikmati perjalanan dengan berbaring di kasur.

Informasi mengenai fasilitas bus biasanya juga tersedia di aplikasi jadwal keberangkatan atau kedatangan bus. Misalnya fasilitas AC, toilet, selimut, wifi, snack, atau fasilitas lainnya.

  1. Cari Informasi Jadwal dan Rute Lengkapnya

Untuk kenyamanan selama perjalanan, pastikan mencari detail informasi terkait jadwal serta rute perjalanan dari titik keberangkatan menuju lokasi tujuan. Manfaatkan aplikasi jadwal bus untuk mempermudah perjalanan Anda.

  1. Hindari Terlalu Banyak Makan dan Minum

Tips berikutnya, ada baiknya Anda menghindari makan dan minum secara berlebihan sebelum maupun pada saat berangkat dengan bus. Makanan dan minuman yang terlalu banyak masuk dapat menyebabkan Anda bolak-balik ke kamar mandi.

Padahal angkutan umum ini tidak berhenti sesuai keinginan Anda. Membatasi makan dan minum juga dapat membantu fisik tetap dalam keadaan yang fit. Dengan begitu, Anda dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan.

  1. Membawa Perlengkapan saat Melakukan Perjalanan

Jangan lupa pula mempersiapkan perlengkapan lain yang dibutuhkan selama bepergian. Misalnya membawa leher bantal atau penutup mata yang berguna untuk mendapatkan waktu tidur yang nyaman.

Melakukan perjalanan dengan bus bisa menjadi pengalaman seru yang tidak terlupakan asalkan dipersiapkan dengan baik. Salah satu persiapannya yaitu mengecek jadwal dengan menggunakan aplikasi jadwal bus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *