Teknologi Rumah Tangga Canggih yang Perlu Anda Miliki

Posted on

Kehadiran beragam jenis teknologi rumah tangga canggih adalah salah satu yang paling dinantikan, terutama oleh para ibu rumah tangga. Ini karena peralatan-peralatan canggih tersebut dapat membantu memudahkan segala macam pekerjaan rumah tangga.

Seperti kita ketahui, pekerjaan rumah tangga adalah pekerjaan yang seolah tidak pernah ada habisnya. Mulai dari menyapu, mencuci pakaian, menyeterika, mencuci piring, memasak, dan lain sebagainya.

Jika dilakukan secara manual tentunya sangat menguras tenaga dan memakan banyak waktu. Sehingga waktu yang Anda miliki mungkin hanya bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga sehari-hari. Namun itu tidak perlu terjadi jika menggunakan alat-alat canggih.

Jenis-Jenis Teknologi Rumah Tangga Canggih

Pada dasarnya, teknologi diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Teknologi tidak hanya digunakan pada pekerjaan seperti coding, membuat aplikasi, atau yang bersinggungan dengan komputer.

Teknologi telah terlibat di semua lini kehidupan termasuk sektor rumah tangga. Jadi, berikut ini adalah beberapa peralatan canggih yang dikembangkan untuk mempermudah pekerjaan rumah tangga Anda.

  1. Robot Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner atau penyedot debu adalah salah satu teknologi rumah tangga yang telah dikembangkan sejak lama. Alat ini memudahkan pengguna dalam membersihkan debu-debu secara otomatis.

Seiring perkembangan teknologi, inovasi dilakukan sehingga membuat vacuum cleaner masa kini semakin canggih. Yakni dibekali dengan teknologi robot. Robot membuat alat ini dapat berjalan secara otomatis.

Sehingga Anda tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk menjalankan alat ini dalam rangka membersihkan rumah. Hanya dengan menyalakannya, robot vacuum cleaner akan berjalan menyusuri lantai rumah sambil membersihkan lantai dari debu.

Selain mesin penyedit, robot vacuum cleaner dibekali teknologi navigasi yang umumnya menggunakan infra merah atau laser. Keduanya memungkinkan robot mendeteksi dan merasakan objek di lingkungan ia ditempatkan.

Selanjutnya teknologi rumah tangga ini akan memetakan objek-objek yang terdeteksi ke memori. Lalu menggunakannya sebagai peta pergerakan dan pembersihan secara efektif dan efisien.

Robot vacuum cleaner yang lebih canggih bahkan ada yang dibekali kamera, kecerdasan buatan (artificial intelligence), atau teknologi pembelajaran mutakhir. Sehingga membuat navigasinya lebih akurat hingga mampu mendeteksi perubahan. Beberapa contoh robot vacuum cleaner yang memudahkan pekerjaan Anda misalnya:

  • Xiaomi Mi Robot Vacuum Mop
  • Kurukumi KV 03 Laser+
  • Oxone Robotic Vacuum Cleaner
  • Ecovacs Deboot T9, dll.
  1. Handheld Steam Iron

Teknologi rumah tangga canggih berikutnya yang perlu Anda miliki di rumah adalah handheld steam iron atau biasa dikenal dengan setrika uap. Sesuai namanya, ini merupakan alat yang digunakan untuk menyetrika.

Menyetrika pakaian adalah hal wajib jika Anda ingin selalu tampil dengan rapi setiap hari. Biar bagaimanapun, menyetrika secara konvensional adalah pekerjaan yang memakan waktu, tenaga, serta tempat.

Anda harus menyediakan tempat seperti meja khusus untuk menyetrika. Dengan adanya handheld steam iron, pekerjaan menyetrika akan lebih mudah, cepat, dan ringkas. Sehingga Anda dapat mengemat waktu, tenaga, serta tempat.

Untuk menggunakan teknologi rumah tangga ini, Anda tidak harus menata alas untuk menyetrika. Melainkan bisa menyetrika secara langsung pada pakaian yang dalam kondisi digantung.

Uap panas yang keluar dari steam iron akan membuat permukaan kain menjadi rapih dan bebas dari kerutan ataupun lipatan. Ini cocok sekali untuk menyetrika kemeja yang nantinya Anda simpan di lemari gantung.

Panas yang berasal dari uap air juga membuat pakaian Anda lebih awet karena tidak terkena panas secara berlebihan. Beberapa merek bahkan mengeluarkan produk handhels steam iron portable yang mudah dibawa saat traveling.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi handheld steam iron yang bisa Anda pakai di rumah:

  • Deerma HS Handheld Garment Steamer Iron
  • Tobi Travel Steamer
  • Philips GC 505 Steamer
  • Dorahomi Garment Steamer LM2002, dll.
  1. Dishwasher

Dishwasher merupakan teknologi rumah tangga yang membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan mencuci peralatan makan dan minum. Mencuci piring tentu menjadi pekerjaan wajib yang tidak boleh ditinggalkan.

Karena Anda membutuhkan piring, gelas, mangkok, sendok, dan garpu bersih setiap hari untuk makan dengan nyaman dan sehat. Namun pekerjaan ini cukup memakan waktu terlebih ketika Anda baru saja selesai mengadakan pesta makan malam bersama keluarga.

Jadi, dishwasher hadir sebagai mesin pencuci piring yang bekerja secara otomatis. Anda hanya perlu memasukkan piring, mangkok, gelas, garpu, maupun sendok ke tempat yang telah disediakan, menyalakannya, lalu mesin akan langsung bekerja.

Teknologi rumah tangga ini memiliki semacam rak di dalamnya untuk menempatkan peralatan makan yang kotor serta tempat sabun cuci khusus yang aman untuk peralatan makan.

Setelah piring, gelas, mangkok, dan lain-lain dimasukkan ke dalam rak dan mesin dishwasher ditutup, Anda perlu menekan tombol power. Mesin bekerja dengan mengalirkan air ke alat-alat yang dicuci.

Baling-baling yang didesain khusus di dalamnya membantu memaksimalkan pembersihan sehingga kotoran-kotoran membandel di alat-alat makan Anda akan langsung luntur. Kelebihan mencuci piring dengan teknologi rumah tangga ini antara lain:

  • Hemat waktu dan tenaga
  • Menghemat penggunakan air hingga 6 kali lebih sedikit dibanding mencuci secara manual
  • Peralatan makan lebih bersih dan higienis karena dishwasher biasanya memiliki teknologi pemanas sehingga dapat membunuh kuman, bakteri, dan virus yang menempel di alat makan

Berikut adalah beberapa rekomendasi dishwasher yang bisa Anda gunakan di rumah:

  • Moden Dishwasher Semplice WS 1020 G
  • Beko DFN16410X
  • Artugo Digital Portable Dishwasher CD1742 AB
  • Artugo Digital Portable Dishwasher CD1742 AB, dll.
  1. Mesin Food Recycle

Teknologi rumah tangga yang juga sangat bermanfaat yaitu mesin food recycle. Seperti namanya, mesin ini bertugas sebagai pengolah sampah makanan. Setiap harinya, Anda mungkin memiliki sisa makanan yang hanya akan menjadi sampah jika tidak diolah.

Jadi, alat ini mampu membantu mengubah sampah menjadi pupuk kompos yang jauh lebih bermanfaat ketimbang hanya berakhir menjadi sampah rumah tangga. Salah satu mesin food recycle adalah Zera Food Recycle.

Mesin ini bekerja dengan cara menghancurkan sisa atau sampah makanan yang dimasukkan ke dalamnya. Alat ini memiliki pisau penghancur dan filter karbon yang berfungsi untuk mengurangi bau tidak sedap dari sisa makanan.

Anda hanya perlu memasang filter karbon tersebut lalu memasukkan sampah sisa makanan ke dalam alat teknologi rumah tangga satu ini. Pisau penghancurnya akan menghancurkan sampah makanan sehingga proses mengubahnya menjadi kompos akan lebih cepat.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda disarankan memisahkan bagian-bagian yang teksturnya keras seperti tulang atau biji buah yang besar dan keras. Ini bertujuan agar tidak merusak pisau penghancur.

Zera Food Recycle memang memiliki ukuran yang cukup besar. Meski demikian, desainnya justru dapat dimanfaatkan sebagai dekorasi yang mempercantik area dapur Anda. Mesin satu ini sangat cocok bagi Anda yang senang bercocok tanam dan membutuhkan pupuk organik.

  1. Automatic Sweeper

Automatic sweeper alias penyapu otomatis merupakan teknologi rumah tangga yang fungsinya menyerupai robot vacuum cleaner. Hanya saja alat ini dilengkapi dengan microfiber yang mampu membersihkan lantai dari debu dan kotoran yang menempel.

Dengan alat ini, kegiatan menyapu lantai menjadi lebih mudah dan praktis. Anda dapat melakukan pekerjaan lain sembari menunggu lantai bersih dengan sendirinya tanpa harus mengeluarkan tenaga secara khusus.

  1. Air Purifier

Kesehatan adalah hal utama yang perlu Anda utamakan. Kesehatan keluarga perlu diupayakan secara menyeluruh mulai dari makanan, gaya hidup, hingga faktor kebersihan.

Yang tidak kalah penting dalam menentukan kualitas kesehatan adalah udara yang Anda hirup. Hunian yang berada di perkotaan biasanya kurang mendapatkan udara berkualitas baik.

Ini dapat berisiko menimbulkan berbagai penyakit yang mengganggu sistem pernapasan. Salah satu cara mencegahnya adalah menggunakan teknologi rumah tangga berupa air purifier. Alat ini berfungsi sebagai pembersih udara dalam ruangan.

Berbeda dari AC (air conditioner) yang membuat udara di ruangan lebih sejuk, air purifier membantu menyediakan udara bersih dan sehat di ruangan Anda. Air purifier memang tidak mendinginkan ruangan.

Namun dengan teknologi yang ada di dalamnya, alat ini mampu menyaring udara dan mengeluarkan udara bersih dan segar untuk keluarga Anda. Alat ini dibekali penyaring udara sehingga mampu mengubah udara kotor menjadi bersih. Adapun manfaat menggunakan air purifier antara lain:

  • Menghilangkan bau tidak sedap
  • Menyaring virus dan bakteri
  • Menghilangkan gas kimia berbahaya di udara
  • Meringankan alergi

Berbagai pekerjaan rumah tangga dapat diselesaikan secara maksimal dengan waktu yang efisien. Jika Anda ingin mengoptimalkan waktu dan tenaga secara efisien, gunakan teknologi rumah tangga di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *